Sabtu, 30 Agustus 2014 - 18:02:59 WIB
Kawasan Industri di Sekitar Bandung
Diposting oleh :
Kategori: Entrepreuner - Dibaca: 10445 kali

Potensi usaha mikro, kecil dan menengah perlu di tingkatkan  lagi guna mendorong pendapatan daerah. Kota bandung yang merupakan kota pariwisata perlu meningkatkan potensi usaha mikro, kecil dan menengah yang di berada di wilayahnya.

Sentra industri dan perdagangan kaos suci merupakan salah satu dari 12 sentra industri yang ada di bandung yang meliputi;

sentra industri tekstil cigondewah, sentra industri sepatu cibaduyut, sentra industri jean cihampelas, sentra industri rajut binongjati, sentra industri tahu dan tempe cibuntu, sentra industri boneka sukamulya, sentra industri tas kebonlega, sentra industri boneka warung muncang, sentra industri sparepart kiara condong, sentra industri keramik sukapura dan kebonjayanti, sentra industri las letok dan perbengkelan parakansaat. 

1. Kawasan Suci

Sentra Kaos Suci Bandung terletak di sepanjang jalan Surapati sampai jalan PHH Mustafa sepanjang 3 km dan terletak pada empat kecamatan yaitu kecamatan cihaur geulis, kecamatan muara rajeun, kecamatan padasuka dan kecamatan cibeunying kaler. Keberadaan Sentra Kaos Suci ini diperkuat oleh adanya Perda No. 2 Tahun 2004 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah dan Perda No. 3 Tahun 2006 Tentang Perubahan Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Bandung. 

Perda ini memberikan prioritas atas 5 kawasan sentra industri yaitu; Sentra Jeans Cihampelas, Sentra Sepatu Cibaduyut, Sentra Rajut Binongjati, Sentra Tekstil Cigondewah dan Sentra Kaos Suci. 

suci

Terdapat sebanyak 130 outlet usaha kaos di sepanjang jalan Surapati hingga jalan PHH Mustafa dengan rata-rata jumlah tenaga kerja sebanyak lima orang. Sebagian besar dari konsumen tersebar hingga seluruh Indonesia dan sebagian kecil konsumen luar negeri dengan mengandalkan pada pemasaran online. Kualitas hasil sablon yang teruji dan dapat diterima secara umum merupakan keungulan bersaing dari sentra kaos ini. 

Pada tahun 1980 suci merupakan tempat usaha sablon bidang sablon kaos yang kemudian berkembang menjadi konveksi dan mendirikan outlet tempat usaha. Komoditas usaha ini meliputi pembuatan kaos, jaket, seragan, training dan spanduk yang berbasis pada sablon. Seiring dengan perjalanan waktu usaha kaos ini berkembang menjadi usaha industri dan perdagangan, dimana mereka memproduksi sendiri order pesanan dan juga memasarkan hasil produk mereka. 

2. Kawasan Binong Jati

Kawasan Rajut Binong jati merupakan sentra industri rajut di bandung. Terletak di Jalan Binong Jati, kecamatan Batununggal, Bandung. Fokus sentra ini adalah memproduksi berbagai macam jenis pakaian yang berbahan rajut.Macam-macam produk rajutan yang diproduksi diantaranya seperti Sweater, Jaket, Cardigan, Syal, Baju hangat dll. Terdapat kurang lebih 293 pengrajin rajut. Kapasitas produksi per tahunnya sebanyak 852.200 Lusin dengan nilai investasi Rp.31,366 Milyar dan menyerap tenaga pekerja sebanyak 2.143 Orang.

rajut




<