Selasa, 03 November 2015 - 09:15:54 WIB
Kepuasan Transaksi Online Shopping Dan Kepercayaan Konsumen
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Manajemen&Bisnis - Dibaca: 1807 kali

PENGARUH KEPUASAN TRANSAKSI ONLINE SHOPPING DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP SIKAP SERTA PERILAKU KONSUMEN PADA E-COMMERCE

Perkembangan bisnis online di Indonesia sangat pesat, hal ini menandakan era pemanfaatan teknologi informasi sudah mulai diakui keberadaanya. Bisnis online atau biasa yang di sebut dengan e-commerce semakin bayak di Indonesia hal ini disebabkan perkembangan internet dan adanya perubahan perilaku konsumen. Mudahnya akses internet baik melalui wifi ataupun perangkat gadget memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi mengenai suatu produk atau jasa yang dicarinya di tambah dengan gencarnya promosi yang dilakukan oleh perusahaan e-commerce dalam menawarkan barang atau jasanya dengan menawarkan berbagai macam kenudahan bagi masyarakat.

 

Perubahan perilaku masyarakat dalam e-commerce merupakan tantangan tersendiri bagi perusahaan agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumennya. Data yang dirilis oleh Menkominfo menunjukkan bahwa nilai transaksi online shopping pada e-commerce tahun 2013 mencapai Rp 130 trilyun, dengan angka penguuna internet 82 juta orang. Sehingga dapat di[ahami bahwa potensi e-commerce sangat terbuka luas dengan yang membuat beberapa venture capital menamamkan modalnya ke perusahaan e-commerce di Indonesia. Besarnya potensi e-commerce di harapkan dapat menciptakan teknoprenur (Sidharta & Sidh, 2013) dan mendorong pertumbuhan UMKM sesuai dengan karakteristik usahanya masing-masing (Machmud & Sidharta, 2013; 2014) untuk memanfaatkan potensi yang ada.      

 

Lembaga riset ICD memperkirakan bahwa potensi e-commerce di Indonesia akan tumbuh 42% pada tahun 2012-2015, dan merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan e-commerce terbesar untuk wilayah Asia-Pasific. Gambar dibawah ini merupakan estimasi penjualan e-commerce untuk wilayah Asia-pasific.

Source

 




<